Ternyata Ada Efek Samping Kayu Manis Yang Perlu Kita Tahu

Ternyata Ada Efek Samping Kayu Manis Yang Perlu Kita Tahu

Kayu manis sudah sejak lama dikenal menjadi salah satu bahan herbal yang telah dipercaya dan kaya dengan manfaat. Seperti berguna untuk kesehatan saraf dan jantung, baik untuk diabetes bahkan di dalam kayu manis ini terdapat kandungan antiinflamasi dan juga anti bakteri. tetapi kita juga bertanya- tanya sebenarnya adalah efek samping kayu manis yang perlu diwaspadai?

Disamping digunakan untuk obat herbal, ternyata kayu manis sering juga dijumpai dalam aneka jenis kue dan roti sebagai penambah aroma. sampai untuk bumbu pelengkap olahan makanan dan sayur khas indonesia. Disamping itu, para pakar kuliner juga sudah sering memanfaatkan kayu manis kering bubuk untuk bahan dalam mengentalkan kuah.

Hati- hati Pemakaian Kayu Manis Berlebihan

Meski khasiat dan manfaat kayu manis sangat banyak, namun anda juga perlu berhati- hati dalam menentukan jumlah takaran konsumsi kayu manis tiap harinya. Sebab ternyata konsumsi kayu manis berlebih juga bisa mengakibatkan sejumlah resiko yang berbahaya. Diantaranya adalah;

  1. Iritasi Lambung

Para penderita ulkus lambung atau irritable bowel syndrome sebaiknya berhati-hati saat mengkonsumsi kayu manis. Mengkonsumsi kayu manis dalam jumlah besar (lebih dari setengah sendok teh) dapat menyebabkan iritasi dinding lambung.

  1. Turunnya Kadar Gula Darah

Terlalu banyak konsumsi kayu manis memiliki senyawa unik yang dapat berfungsi sebagai pengganti insulin. Selain polifenol dalam kayu manis demikian penting untuk ditambahkan pada penderita diabetes sehingga lebih efektif dalam proses menghasilkan energi. Kemampuan gandanya memang menjadikan efektif sebagai terapi diabetes, selama dikonsumsi dalam kadar ringan.kayu manis akan menyebabkan terjadinya hipiglikemia atau penurunan kadar glukosa darah di bawah batas normal.

  1. Menyebabkan Kontraksi Rahim

Dalam konsumsi kayu manis dianjurkan supaya wanita hamil tidak konsumsi kayu manis selama kehamilan berlangsung.Sebab ini bisa menyebabkan kontraksi rahim.

  1. Memiliki Efek Seperti Antibiotika

Kayu manis merupakan suatu antibiotika kuat. Berkonsultasilah dengan dokter Anda bila Anda ingin mengkonsumsi kayu manis bersamaan dengan antibiotika lainnya karena kayu manis mungkin dapat mengubah efek antibiotika yang Anda konsumsi.

  1. Kerusakan Fungsi Hati

Terbukti secara medis bahwa mengonsumsi kayu manis berlebihan akan memicu terjadinya kerusakan hati, bahkan bisa jadi berkembang menjadi kerusakan serius.

  1. Mengganggu Pernafasan

Ketika Anda menggunakan kayu manis bubuk sebagai bumbu masak, atau memarut kayu manis utuh, sejumlah residu dari kayu manis dapat masuk ke dalam pernafasan dan mengendap di dalamnya. Masalahnya, kayu manis memiliki keunikan karena dapat bekerja sebagai anti inflamasi tetapi juga mengandung komponen senyawa stimulan inflamasi yang dikenal dengan istilah cinamaldehide. Ini sejenis senyawa unik dari kayu manis yang menyeerupai logam berat dan memiliki efek iritasi.

  1. Iritasi Kulit

Jangan pernah mengoleskan minyak kayu manis secara langsung pada kulit. Bisa saja nantinya terjadi iritasi dan luka bakar berat pada kulit yang terkena kayu manis. Reaksi alergi kayu manis jarang terjadi, namun bila terjadi reaksi alergi ini dapat menyebabkan terbentuknya borok atau koreng pada kulit. Sebaiknya campurkan minyak kayu manis dan air sebelum memakainya untuk melawan infeksi.

Demikianlah penjelasan mengenai efek samping kayu manis yang ternyata jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih bisa juga membahayakan kondisi kesehatan. Oleh karena itu kita gunakan manfaat kayu manis secukupnya saja. jangan sampai kita berlebihan dalam menggunakannya. Sebab jika itu terjadi maka bisa saja terjadi efek samping yang tidak baik.

Add Comment