Pemakaian Korset Ibu Hamil Bermanfaat Atau Tidak

Pemakaian Korset Ibu Hamil Bermanfaat Atau Tidak

Saat usia kehamilan bertambah, maka bertambah besar pula bentuk perut ibu hamil. Banyak keluhan yang dirasakan ibu hamil saat kandungannya sudah mulai membesar.seperti sering mengalami nyeri punggung karena bergerak terlalu kencang. Namun ibu hamil juga terkadang bingung dengan pemakaian korset ibu hamil.
Mereka berpikiran bahwa dengan memakai korset pada saat hamil akan merasa tidak nyaman dan akan menimbulkan masalah.

Membahas mengenai keamanan penggunaan korset untuk ibu hamil, nyatanya hal ini juga masih saja menjadi pro kontra dari banyak pihak. Tetapi alasan utama korset ini diciptakan bertujuan supaya ibu hamil merasa nyaman dengan penampilan mereka walaupun keadaan perut besar. Sebenarnya boleh tidak pemakaian korset untuk ibu hamil itu?

Manfaat Penggunaan Korset Untuk Ibu Hamil

Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan saat ibu hamil memakai korset. Diantaranya adalah:

Membuat Nyaman Beraktifitas

Saat hamil perut pasti besar dan ini membuat wanita akan merasa tak nyaman saat beraktivitas. Sehingga dengan memakai korset yang tidak terlalu ketat bisa membuat perut nyaman dan tidak tertekan.

Bisa Mencegah Sakit Punggung Bawah

Pada ibu hamil itu sering mengalami sakit punggung pada bagian bawah. Sebab korset itu sangat pas digunakan pada perut yang kian membesar dan menjadikan otot tidak terlalu tegang.

Mengurangi Rasa Nyeri

Ada banyak wanita yang mengalami nyeri sendi dan nyeri punggung selama masa kehamilan. jika anda menggunakan korset anda bisa mencegah masalah tersebut. Apalagi bagian depan pinggul yang ada di bawah perut selama trimester kedua juga sangat rawan untuk rasa nyeri. Sebab janin yang ada di dalam perut sudah bertambah besar. Sehingga bisa melebarkan rahim anda. Dengan demikian anda akan tetap beraktivitas tanpa hambatan sebab menanggung rasa sakit.

Pro Kontra Pemakaian Korset Pada Ibu Hamil

Memang benar, korset di ciptakan agar keadaan tubuh terlihat lebih ramping. Namun hal ini sebenarnya tidak baik dilakukan terutama saat dalam kondisi hamil. Sehingga lebih baik Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Penggunaan korset hamil sangat tidak di anjurkan digunakan oleh ibu hamil. Sebab meski korset pada ibu hamil saat ini menjadi trend di kalangan masyarakat, tetapi pemakaian korset pada ibu hamil justru bisa menjadi salah satu hal yang berbahaya untuk perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Disamping dengan memakai korset keadaan janin bisa saja terhimpit, juga aliran darah ibu hamil dapat menjadi tidak lancar cuma karena akibat dari pemakaian korset ini.

Seperti yang kita tahu fungsi korset untuk penyangga tulang belakang hanya dapat dipakai kembali saat sudah berhasil melewati masa persalinan. Sementara waktu, maka sebaiknya tidak di gunakan ketika Anda hamil. SebabĀ  janin yang berada di dalam kandungan ibu bisa berdampak buruk akibat pemakaian korset ini.

Dibandingkan harus menggunakan korset lebih menyarankan agar ibu hamil menggunakan bra yang tepat. Jika memang di perlukan, ibu hamil bisa mengganti ukuran bra yang memang telah disesuaikan dengan perkembangan payudara selama masa kehamilan.

Nah, selain manfaat korset ibu hamil ternyata juga ada kekurangannya. Jadi sebaiknya sebelum anda menggunakan korset, maka konsultasiukan lebih dulu pada dokter. Semoga informasi ini bisa memberi penjelasan untuk anda terutama bagi ibu yang saat ini sedang hamil. Sehingga bisa memilih mana yang baik untuk anda.

Add Comment