Makanan Pendamping ASI Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Nutrisi terbaik untuk bayi yang harus diberikan hingga bayi berusia 2 tahun adalah ASI. Ketika bayi menginjak usia 6 bulan bayi perlu mendapatkan makanan lain selain ASI atau yang disebut dengan MPASI karena pada usia 6 bulan sistem pencernaan bayi sudah mulai sempurna.

Pada usia bayi yang menginjak 6 bulan bunda harus mengenalkan makanan lain selain ASI, makanan pendamping ASI ini diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk bayi. Hal yang perlu diperhatikan saat memilih makanan pendamping ASI adalah berikan makanan yang halus yang disesuaikan dengan kemampuan bayi untuk mencernanya dan usahakan makanan pendamping ASI ini adalah bunda yang membuatnya sendiri sehingga kualitas bahan dan nutrisi yang terkandung terjamin kebersihannya.

 

Makanan pendamping ASI

Berikut ini merupakanbeberapa makanan pendamping ASI yang bisa bunda jadikan menu untuk buah hati bunda:

Wortel

Kandungan mineral dan vitamin A yang terkandung didalam wortel sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, bunda bisa merebus wortel hingga melunak sebelum diberikan kepada bayi sebagai makanan pendamping ASI.

Pisang

Buah pisang juga bisa menjadi pilihan bunda untuk diberikankepada bayi sebagai makanan pendamping ASI. Bunda bisa mengolah buah pisang dengan cara dijadikan bubur namun jika terlalu repot bundsa bisa memberikan buah pisang secara langsung dengan cara melembutkannya dengan sendok sedikit demi sedikit. Buah pisang memiliki kandungan fospor, vitamin A, alsium dan asam folat.

Bubur papaya

Seperti halnya buah pisang, bunda bisa membuat bubur dengan menggunakan papaya, namun bila terlalu sibuk bunda juga bisa memberikan buah papaya matang dengan mengerok dan melembutkannya menggunakan sendok sedikit demi sedikit.  Buah papaya memiliki kandungan enzim yang baik untuk pencernaan bayi. Selain itu juga mengandung nutrisi lain seperti asam folat dan zat besi yang baik untuk perkembangan otak bayi. Serta kandungan kalsium dan zink yang akan mampu menjaga kesehatan tulang.

Bubur susu

Bunda bisa membuat bubur susu dengan cara mencampurkan tepung beras merah dengan susu, tepung beras merah memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan jika bunda membuat bubur dengan bahan dasar beras biasa.

Nasi tim

Penyajian nasi tim juga sangat mudah ko bunda, bunda cukup menambahkan beras, santan dan garam secukupnya. Untuk menambahkan nilai gizinya bunda bisa menambahkan sayuran, ikan ataupun hati ayam.

Bubur jagung

Bunda bisa menghaluskan jagung manis menggunakan blender, kemudian dipasak dan dengan diberi tambahan sayuran seperti wortel atau tomat.

Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau juga merupakan pilihan terbaik yang bisa bunda berikan kepada bayi sebagai makanan penadmping ASI, bunda bisa merebus kacang hijau hingga terlihat lunak. Kacang hijau ini sangat baik untuk bayi karena kaya akan kandungan serat, protein yang akan meningkatkan metabolism tubuh.

Bubur brokoli susu

Biasakan bayi makan dengan sayur-sayuran utuk tetap menjaga kesehatan tubuhnya. Sayuran yang bisa bunda berikan diantaranya adalah brokoli. Atau jika brokoli terlalu sulit ditemui bunda bisa menjadikan bayam atau sawi sebagai solusinya.

Agar bayi juga mendapatkan rasa yang lebih enak, bunda juga bisa menambahkan susu formula atau ASI pada bubur sayur tersebut. Cara membuat bubur sayur ini sama saja seperti membuat bubur biasa. Bunda cukup memblender sayuran kemudian ditambahkan dengan susu.

Add Comment