Mengetahui Usia Kehamilan dengan Kalender Kehamilan

Apa itu Kalender Kehamilan? Kalender kehamilan merupakan salah satu cara dalam menghitung usia kehamilan ibu hamil. Melalui kalender kehamilan, ibu hamil dapat mengetahui usia kehamilannya yang nantinya akan membantu ibu hamil dalam berbagai hal.

Setiap wanita pasti memiliki naluri menjadi seorang ibu. Menggendong bayi, menyusui bayi, dan mendidik bayi menjdai hal yang sangat diinginkan oleh wanita dewasa. Dalam memersiapkan hal tersebut, sebaiknya wanita bisa memahami berbagai hal yang berkaitan dengan kehamilan, persalinan, perkembangan janin, perkembangan bayi, dan sebagainya.

Mengetahui Usia Kehamilan dengan Kalender Kehamilan

Dengan memahami berbagai hal tersebut, seorang wanita akan menghadapi semuanya dengan lebih siap dan lebih baik. Hal yang pertama kali akan dihadapi oleh wanita yang sudah berpasangan adalah kehamilan. Setiap ibu pasti melewati apa yang dinamakan dengan masa kehamilan.

Menghitung usia kehamilan akan sangat penting bagi ibu untuk mempersiapkan segala hal yang akan dihadapinya nanti atau beberapa hal yang dapat menjadi risiko ketika ibu hamil nanti. Salah satunya adalah denan menggunakan kalender kehamilan.

Usia kehamilan (gestational age) merupakan panjang waktu kehamilan yang perhitungannya dimulai  dari hari pertama haid terakhir atau HPHT. Biasanya, usia kehamilan biasanya dinyatakan dalam bilangan hari, sehingga bisa lebih detail jika dibandingkan dengan hitungan mingguan atau bulanan.

Manfaat Menghitung Usia Kehamilan dengan Kalender Kehamilan

Perkembangan janin dalam kandungan ibu mengalami berbagai fase pertumbuhan dan perkembangan, sehingga sebaiknya ibu dan ayah mengetahui hal tersebut di mana tiap fasenya membutuhkan perlakuan yang khusus agar tumbuh kembang anak menjadi sangat baik. Manfaat mengetahui usia kehamilan dengan kalender kehamilan antara lain:

  • Salah satu manfaat dari mengetahui usia kehamilan adalah dapat menyesuaikan nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu yang akan merangsang tahap tumbuh kembang janin dalam kandungan.
  • Pasangan juga dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk bisa melakukan pemeriksaan USG. Pemeriksaan USG tidak bisa dilakukan pada semua usia kehamilan, melainkan pada usia kehamilan tertentu saja. Dengan mengetahui usia kehamilan, maka kita dapat memeriksa tumbuh kembang anak melalui USG. Biasanya juga pasangan ingin segera mengetahui jenis kelamin anak, yakni dengan pemeriksaan USG.
  • Selain itu, ibu dan ayah juga dapat mengetahui risiko dan keluhan yang bisa saja terjadi pada setiap fase kehamilan, sehingga ibu dapat mengantisipasi kemungkinan yang bisa saja terjadi.

Menghitung Usia Kehamilan dengan Kalender Kehamilan

Dengan mengetahui usia kehamilan bayi, sebuah pasangan dapat mengetahui usia bayi dan bisa juga mengetahui hari perkiraan lahir atau HPL bayi yang masih berada di dalam kandungan. Salah satu cara untuk menghitung usia kehamilan adalah dengan menggunakan kalender kehamilan.

Perhitungan usia kehamilan dengan metode kalender pada prinsipnya mengacu pada dua hal, yakni hari pertama haid terakhir serta hari perkiraan lahir.

Hari pertama haid terakhir digunakan sebagai hari pertama perhitungan, dengan diasumsikan bahwa pembuahan atau konsepsi terjadi pada hari ke- 14 dari siklus menstruasi tersebut. Dengan mengetahui hari pertama terakhir haid, maka dokter dapat menghitung usia janin yang ada di dalam kandungan ibu.

Namun yang sering menjadi kendala adalah tidak semua ibu hamil mengingat atau menandai jadwal menstruasinya, sedangkan setiap perempuan itu memiliki masa ovulasi yang berbeda-beda. Selain itu, perempuan juga bisa saja mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.

Penghitungan berdasarkan kalender kehamilan dapat dilakukan dengan menggunakan rumus :

(Tanggal HPHT + 7), (Bulan haid terakhir – 3), (Tahun haid terakhir +1) = hari, bulan, tahun (HPL)

Apabila bulan HPHT merupakan bilangan yang tidak bisa dikurangi 3  seperti Januari, Februari, dan Maret), maka tinggal menambahkan angka 9 pada bilangan bulannya, sedangkan pada bilangan tahunnya (rumus) tidak ditambah satu.

Kalender kehamilan ini akan sangat membantu ibu hamil dalam memberikan stimulus serta asupan nutrisi bagi janin. Selin itu, dengan mengetahui usia kehamilan melalui kalender kehamilan ini, dokter atau bidan yang memeriksa kita akan semakin terbantu.

Add Comment