Mengetahui Seluk Beluk Pekerjaan Sales Manager

Mengetahui Seluk Beluk Pekerjaan Sales Manager

Sebuah perusahaan pasti memiliki banyak sekali bagian pekerjaan yang akan ditangani oleh masing- masing karyawan sesuai dengan bidang yang digelutinya. Adapun yang menjadi salah satu bidang pekerjaan yang cukup penting dalam laju perusahaan yaitu pekerjaan sales manager. Sales manager sendiri merupakan seseorang yang berlatar belakang sebagai marketing yang lebih berpengalaman dan naik level managerial.

Lalu apa saja tugas dan tanggung jawab sales manager itu? Lahirnya seorang Sales Manager yang tangguh dan dapat memimpin tim penjualan yang besar tidak bisa mengandalkan teori saja. Seorang Sales Manager diharuskan tetap lebih jago menjual daripada salesmannya. Jadi para salesman akan belajar dari seorang sales manager yang tentunya lebih berpengalaman bukan hanya sekedar mendapat teori saja.

Tugas Seorang Sales Manager

Banyak orang yang menganggap jika telah menjadi seorang manager maka kehidupannya bisa lebih santai, relax juga lebih bahagia. Padahal semua itu telah dibarengi dengan besarnya tanggung jawab tambahan dalam mengelola bawahannya dan memegang teguh kepercayaan dari perusahaan yang telah diberikan dengan baik. Ada banyak sekali tugas yang harus di pegang dengan sangat baik sehingga profit dan income perusahaan serta target yang telah di tetapkan dapat tercapai semua dengan baik juga maksimal.

Tugas dari seorang sales manager dia harus mampu untuk mengatur dan juga menjadi atasan yang baik untuk para bawahannya demi mendongkrak target yang nantinya hasilnya akan berimbas bagi keuntungan dirinya juga.

Karena posisi Anda sudah jadi manager maka Anda sebagian besar hanya harus mengatur bawahan Anda dan anda tak perlu lagi melakukan hal-hal seperti marketing pada umumnya. Oleh karena itu sebagai sales manager harus membina dan juga memberi motivasi yang baik bagi para bawahan saat mereka sedang merasa down, tak semangat atau sedang putus asa.

Mungkin tugas sebagai seorang manager penjualan terlihat simpel dan mudah hanya saja jika Anda harus menjadi atasan dari banyak orang dengan karakter, kepribadian, sikap dan pemikiran yang berbeda-beda maka rasa stress justru bisa lebih besar dari pada saat menjadi seorang marketing biasa.

Tidak ada salahnya sekali waktu ketika mereka berhasil membuktikan kinerjanya kepada Anda dengan pencapaian yang baik untuk memberi reward atau penghargaan kecil berupa rasa terima kasih Anda sehingga mereka akan semakin bertambah giat dalam bekerja.

Kesalahan Fatal Sales Manager

Sematang apapun sales manager, seringkali tidak menyadari bahwa dirinya tengah melakukan kesalahan fatal yang dapat membawa teamnya dan dirinya kedalam kehancuran. Hal apa saja kah itu?

Tidak dapat membaca potensi team Sales sesungguhnya

Penting sekali bagi seorang Manager untuk mengenali terlebih dahulu karakter teamnya baik-baik. Kenali setiap potensi dari masing-masing teamnya, tau persis dimana kekuatan, kelemahan serta karakter khususnya. Saat Anda Salah menilai mereka dan Anda selalu berprinsip bahwa sukses pencapaian penjualan hanya bisa dicapai dengan cara Anda, maka Anda tengah melakukan kesalahan fatal.

Terlalu Percaya Pada Anggota Team

Merasa sudah mendapatkan team yang baik kemudian kita menjadi percaya saja dengan cara kerja Salesman kita, bahkan menjadi sangat percaya. Mempercayai team kita memang baik apalagi jika kinerjanya sudah terukur & menghasilkan. Tetapi itu tidak cukup, dengan menambahkan kontrol kerja yang maksimal akan menjadi jauh lebih baik dan Wajib dilakukan.

Menjadi Single Player

Ingat. keberhasilan dari pekerjaan sales manager tidak hanya ketika dirinya menjabat di posisi tersebut, melainkan juga ketika dirinya sudah tidak berada di teamnya namun Teamnya bisa tetap berkontribusi dan berkembang dengan baik.

Add Comment