Jenis Makanan Penambah Darah Paling Baik Dikonsumsi

Jenis Makanan Penambah Darah Paling Baik Dikonsumsi

Kekurangan darah merupakan keadaan pada saat jumlah sel darah merah maupun hemoglobin atau saat protein pembawa oksigen pada sel darah merah yang ada pada keadaan bawah normal.  Sel darah merah memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan. Sebab darah yang mengangkut zat makanan serta oksigen. Apabila kekurangan darah, dapat mengalami anemia yang awal mulanya timbul gejala seperti lemah, lesu dan juga lelah. Apabila kekurangan haemoglobin, jangan tergesa gesa untuk minum suplemen untuk penambah darah. Menjadi langkah awal dalam mengatasi kurang darah, Anda dapat menggunakan cara yang alami yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bisa menambah darah. Berikut ini makanan penambah darah yang terbaik.

Buah Naga Merah

Buah naga merah  ternyata termasuk jenis buah yang bisa bermanfaat untuk penambah darah. Sebab terdapat kandungan zat besi, fosfor, kalsium, vitamin C, B1, B3, B12, serta beraneka macam mineral penting lainnya. Buah ini juga sudah diketahui mempunyai kaya manfaat di dalam menyembuhkan serta untuk mencegah beraneka macam penyakit. Jika diamati dari warnanya saja yang tampak begitu merah seperti darah. Dengan begitu bisa diketahui bahwa buah ini memiliki zat pembentuk sel darah merah. Bahkan dari sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa buah yang mempunyai warna yang tegas ini mempunyai kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi.

Daun Singkong

Daun singkong sudah banyak di konsumsi oleh banyak orang yang ada di indonesia ini. Sebab daun ini termasuk jenis sayur yang sangatlah populer di konsumsi dengan harga yang cukup terjangkau. Kandungan gizi yang banyak terkandung di dalamnya menjadikan daun singkong ini salah satu bahan sayur yang kaya akan manfaat. Salah satu manfaatnya diantaranya yaitu mengatasi kurang darah maupun anemia yang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Berbagai macam  kandungan yang terdapat pada daun singkong ini antara lain seperti vitamin B1, vitamin C, protein, zat besi, lemak, karbohidrat dan juga fosfor.

Daging Merah

Makanan penambah darah yang sangat baik selain daun singkong adalah daging merah. Makanan yang sudah sering dikonsumsi masyarakat indonesia ini termasuk sebuah makanan penambah darah paling efektif. Sebab di dalam daging ini banyak terdapat kandungan protein yang dinilai cukup tinggi. Tak hanya protein saja, ternyata di dalam daging merah  juga terdapat kandungan zat besi yang tinggi. Maka dari itu banyak yang menilai jika daging ini merupakan salah satu makanan penambah darah yang baik untuk tubuh anda. Apabila anda mengalami penyakit kurang darah, anda dapat mengkonsumsi makanan daging ini.

Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang bisa digunakan untuk menambah darah dalam tubuhmu.  Sebab di dalam kuning telur terdapat banyak sekali kandungan. Diantaranya seperti protein 10,8 gr, karbohidrat 0,7 gr, potasium, asam pantotenat, seng, vitamin B20, vitamin B 10, zat besi, asam nikotenat, fosfor, kalsium, dan sulfat. Zat besi yang ada pada kuning telur juga cukup baik untuk merangsang sel darah merah pada tubuh.  Dengan demikian bisa mengatasi anemia. Anda bisa mengkonsumsi 1 kuning telur dalam sehari.

Sayuran

Sayuran juga termasuk makanan penambah darah. Untuk Sayuran penambah darah dinataranya yaitu bayam, ubi, kacang polong hijau, kacang merah, daun singkong, kol, lobak, kentang, brokoli dan sawi. Dari semua itu, ubi merupakan obat alami terbaik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Di dalam ubi juga terdapat kandungan zat besi, mengaktifkan sel-sel darah merah serta bisa menambahkan oksigen  pada darah.

Add Comment