Inilah Kendala Sales di Lapangan yang Sering Dialami

Inilah Kendala Sales di Lapangan yang Sering Dialami

Berprofesi sebagai seorang sales adalah profesi yang sangat terhormat. Apalagi ini menjadi salah satu profesi yang termahal. Sebab penghasilan seorang sales sendiri tidak terbatas seperti profesi yang lainnya. Semakin banyak produk ataupun jasa yang telah berhasil dijual, maka akan semakin besar pula penghasilan yang diperoleh. Namun terkadang menjadi sales itu juga tidak mudah. Ada beberapa kendala sales di lapangan yang sering dijumpai.

Namun masalah, kendala dan mungkin kegagalan yang pernah dialami sales bukanlah akhir dari segalanya. Karena itu bisa menjadi sebuah proses baru untuk menuju kinerja dan kehidupan yang lebih baik lagi. Tantangan dan juga kendala yang ada bisa menjadi pengalaman dan pembelajaran untuk anda sebagai seorang sales.

Kendala Seorang Marketing Di Lapangan

Seperti halnya profesi yang lainnya, sales juga memiliki tantangan dan juga hambatan dalam penjualan langsung. Berikut ini adalah beberapa masalah salesman yang sering dihadapi sehingga berpengaruh terhadap performa penjualan mereka.

Tidak Memiliki Target Pasar Spesifik

Saat seorang sales merasa yakin bahwa produk dan jasa yang ditawarkan cocok untuk semua orang, itu adalah sebuah masalah. Karena akan berakibat, anda dalam pemasarannya tidak menyasar pada target pasar tertentu. Meskipun anda berusaha menjaring banyak segmen pasar tetapi akan lebih baik jika anda tetap fokus pada target pasar utama. Siapkan value proposition unik untuk setiap segmen pasar yang potensial. Sehingga mereka juga bisa melihat bahwa produk anda memberikan value.

Sales Tidak Percaya Diri

Fakta membuktikan bahwa banuak sekali sales yang akhirnya tidak bisa menunjukkan performa terbaiknya. salah satu hal yang menjadi kendalanya adalah sales tidak percaya diri. Maksud dari tidak percaya diri dalam hal ini adalah, Sales tidak percaya diri dengan profesinya sebagai sales, atau sales tidak percaya diri dengan produk atau jasa yang dijualnya.

Saat seorang sales sudah tidak percaya diri akan profesinya atau terhadap produk atau jasa yang dijualnya, tentu saja hal ini akan berpengaruh terhadap performanya dalam menjual produk atau jasanya kepada konsumen.

Sales Yang Takut Dengan Penolakan

Banyak sales yang telah mengalami hambatan mental di dalam dirinya. Disamping itu selain kurang percaya diri, yang jadi hambatan paling besar sales adalah adanya perasaan takut ditolak oleh prospek konsumennya.

Padahal menawarkan produk atau jasanya saja belum, tapi sudah ada kekhawatiran takut ditolak dan ini akan menyebabkan sales menjadi ragu-ragu bahkan tidak jadi menawarkan sama sekali produk atau jasanya kepada calon prospek. Dan tentunya hal ini sangat menghambat performa seorang sales.

Penampilan Kurang Meyakinkan

Coba bayangkan, apa jadinya bila Anda ditawarkan produk dengan harga puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah atau lebih. Akan tetapi orang yang menawarkan pada Anda tampilannya acak- acakan, tidak rapi, bau badannya tidak sedap, sikap dan wajahnya tidak ramah dan tidak bersahabat? Apakah Anda mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan orang tersebut?

Pasti kemungkinan besar Anda tidak akan membeli. Mengapa? Karena Anda tidak yakin dan tidak percaya dengan orang tersebut. Oleh karena itu penting bagi seorang sales memiliki penampilan yang baik dan memberikan kesan yang baik pula kepada calon konsumennya.

Nah, itulah beberapa kendala sales di lapangan yang bisa menjadi pelajaran lagi. Intinya menjadi sales itu harus yakin dan percaya diri bahwa dia mampu menjadi seorang sales yang profesional.

Add Comment